Ujung Terowongan

 

image

Di episode-episode awal HunterXHunter, dalam arc Hunter Exam, ada ujiannya yang berupa berjalan (berlari) mengikuti pemandu ujian dalam terowongan yang sangaaat panjang. Peserta tidak tahu sampai sejauh manakah mereka harus berjalan, pun sudah dekatkah mereka dengan ujung terowongan (tujuan akhir ujian) tersebut. Yang mereka tahu, mereka sudah lama sekali berjalan berlari menyusuri terowongan itu, namun ujung terowongan belum juga terlihat. Satu per satu peserta gugur, tak sanggup meneruskan perjalanan. Kelelahan dan putus asa.

Konon, memang itulah tujuan ujiannya. Ujian itu bukan hanya menguji kekuatan fisik semata, namun lebih kepada ujian mental. Seberapa kuatkah peserta ujian bertahan untuk terus berlari menyusuri terowongan gelap dan panjang tanpa tahu sudah berapa jauh jarak yang mereka tempuh, atau harus berapa lama lagi mereka berlari–atau benarkah terowongan itu memang berujung? Jangan-jangan ini termasuk bagian dari ujian–menguji apakah para peserta cukup pandai untuk menyadari bahwa pemandu ujian hanyalah jebakan.Seberapa kuat mereka tetap berpegang pada keyakinan bahwa terowongan itu pasti punya akhir, dan mereka selangkah demi selangkah mendekati “ujung” ujian itu, dan adalah kesia-siaan menghentikan langkah atau bahkan berbalik arah sekarang.

Aku juga, saat ini dalam situasi yang sama. Tidak tahu harus sejauh apa berlari, atau masih sejauh apa jarak yang belum kutempuh. Sudah dekatkah “ujung” terowongan itu? Atau masih jauhkah? Sesekali terpikir untuk berhenti, bahkan berpikir untuk berbalik arah sekarang. Namun, aku tahu akhir cerita itu. Terowongan itu memang berujung, dan Gon dan kawan-kawannya berhasil menaklukan terowongan panjang itu.
Karenanya, aku juga yakin, “terowongan” yang kujajaki ini pasti akan berakhir juga, cepat atau lambat. Penentunya, seberapa yakin diriku, dan seberapa kuat aku siap berlari lebih cepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s