Seputar Air Mata

 

yui+cry

Air mata emosi. Meski kebanyakan mamalia darat memiliki sistem lakrimasi untuk membiarkan mata mereka basah, manusia adalah mamalia satu-satunya yang memiliki air mata emosi.

Berguna untuk metabolisme. Air mata yang dihasilkan emosi (yaitu air mata karena menangis sedih, bahagia, atau marah) mengandung 24 persen protein albumin lebih banyak dibanding air mata karena sistem lakrimasi reguler. Protein ini berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh.

Berbeda tergantung pemicunya. Rose Lynn Fischer menemukan bahwa topografi air mata kering yang dilihat dengan bantuan mikroskop memiliki topografi yang berbeda-beda, tergantung pemicunya.

Tersusun atas kandungan yang kompleks. Air mata yang mengalir alami memiliki komposisi kandungan air, elektrolit, dan molekul-molekul kecil seperti karbohidrat, lemak, dan beberapa protein yang memiliki fungsi enzim.

Anti kuman. Salah satu protein penting dalam air mata adalah lysozyme, yang merupakan cairan anti kuman yang dapat membunuh bakteri hanya dalam 5-10 menit.

Menurunkan stress. Kadar zat Mangan (Mn) yang tinggi dalam tubuh dapat menyebebkan gangguan psikis seperti: kecemasan, kegelisahan, lekas marah, kelelahan, agresi, dan gangguan emosional lainnya. Air mata yang mengalir ketika menangis sedih mengangkut molekul mangan yang beracun, sehingga dapat menurunkan stress.

 

— dikutip dari berbagai sumber dengan perubahan seperlunya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s