1 Ramadhan 1435 H

“you may delay, but time will not ” –Benjamin Franklin

Tepat setahun lalu (in hijri calendar) saya mengambil foto langit fajar 1 ramadhan secara tidak sengaja tanpa direncanakan. Dan saya mensyukuri hal itu sekarang. Hari ini (dan seterusnya), saya tidak akan mendapatkan pemandangan yang sama lagi. Bukan, bukan karena mustahilnya mendapat cuaca yang persis sama seperti setahun lalu (walaupun tentu alasan itu juga termasuk). Alasannya, karena lahan kosong yang berada tepat depan jendela kamarku sekarang sementara dibangun gedung ruko yang entah direncanakan berapa lantai. Jelasnya, sekarang tidak ada lagi langit yang bisa diamat-amati dari jendela kamarku 😥 .

Image

Image

Image

sudut A dan B dari lantai 3 (p.s. kamarku di lantai 2)

Kalau dulu tiap bangun tidur pasti langsung bisa tahu sudah terang apa belum, sekarang tidak bisa. Begitu buka mata, yang terlihat dari jendela cuman tembok 😥 . Gedungnya dekat sekali dengan beranda depan jendela kamarku, hanya sekira 3 kaki, sampai rasanya bisa disentuh jika menjulurkan tangan dari jendelaku 😥 . Jadi sinar matahari tidak bisa masuk kamar. 😥 . Menyebalkan sekali 😦

Seperti quote pembuka kali ini, kau mungkin bisa menunda, tapi waktu tidak akan menunda. Waktu terus berjalan dan mengubah segalanya. Termasuk kau, betapapun kau tidak ingin. Saya tidak benci perubahan, hanya saja rasanya sedih tiap kali, lagi-lagi, melihat lingkungan alami sekitar kita berubah jadi tembok-tembok tinggi 😦 .

Dulu, lahan kosong itu tumbuh beberapa pohon rimbun dan sesemakan yang tumbuh subur. Tiap pagi, saat matahari mulai muncul burung-burung mulai berkicau, sibuk bersiap-siap bertebaran cari rezeki. Dan kalau sore, saat matahari mulai terbenam, mereka mulai berkicau lagi, bersenda gurau mungkin, dengan perut kenyang, bersiap untuk esok lagi. Rasanya tenaaangg sekali. Berasa kayak punya hutan pribadi 🙂

Saya masih ingat, tepat sehari sebelum lahan kosong itu dibersihkan (ditebang pohon-pohon dan sesemakannya), saya melihat induk burung yang lagi kasi makan anaknya. Sarangnya jauh. Tapi karena terletak di pohon palem yang tingginya ngalah-ngalahin pohon-pohon lain disekitarnya, sarang burung itu jadi bisa dilihat dari beranda kamarku. Saya hendak memotretnya, tapi entah karena apa saya menundanya. Esoknya, pohon itu ditebang 😥 . *entah bagaimana nasib burung-burung kecil itu dan teman-temannya. semoga mereka baik-baik saja.

Kejadian yang sama berulang. Saat lantai dua gedung itu selesai dicor, tepat sehari sebelum para tukang mulai menumpuk dinding bata yang sekarang menghalangi kamarku dari pemandangan diluar, saya melihat langit senja yang cantiiiiiikkk sekali. Lagi-lagi, meski ingin sekali memotret senja itu, saya mendundanya lagi, entah karena apa. Dan esoknya saya tak pernah bisa melihat langit senja lagi dari beranda kamarku (dinding-dinding itu sudah tegak berdiri 😦 )

Yahhh…mungkin memang bukan rejeki ku untuk meyimpan foto-foto itu. Mungkin rejekiku memang hanya sebatas menikmati pemandangan-pemandangan cantik itu tanpa mengabadikannya dalam kameraku. Mungkin memang seperti itu cara mereka mengucapkan selamat tinggal 😥 .

Ummm…apa yang ingin saya sampaikan disini, nikmatilah waktumu. Nikmati sekelilingmu selagi bisa. Terlebih nikmati waktu bersama orang-orang yang kalian kasihi. Kita tidak pernah tahu, sampai kapan pertemuan itu masih menjadi rejeki kita, tak pernah tahu kapan semua itu harus berakhir. Jika kita menikmati dan menghabiskan waktu bersama dengan bijak, meski sudah waktunya berpisah kita tidak menyesal. Kebersamaan mungkin bisa berakhir, tapi kenangannya akan tetap tertinggal di ingatan kita.

Yakk…karena pembahasan mulai absurd, kode bahwa saya harus mengakhiri postingan ini disini 😀

Ah, ya, selamat bulan ramadhan 🙂
Semoga ramadhan ini penuh berkah, ibadah-ibadah kita lebih berkualitas dari tahun-tahun sebelumnya, urusan-urusan kita dilancarkan, doa-doa kita dikabulkan, dan dosa-dosa kita diampuni Allah Ta’ala. Aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s