[ 1 ] the beginning : menulislah—30 days writing challenge

Bismillah

Mulai hari ini sampai 29 hari kedepan, insyaAllah saya akan mengikuti tantangan 30 hari menulis [blog]. Tantangan ini saya buat bersama sobat saya Hart untuk mengasah kemampuan kami menulis (tsaahhh…) sekaligus ajang untuk meramaikan kembali blog kami yang lama sekali ditinggal pemiliknya :-P.

Well, ide tantangan ini terinspirasi dari Bang Tere Liye, yang membawakan talkshow kepenulisan hari Sabtu lalu (21 Mei 2013). Talkshow ini sendiri merupakan satu dari sekian item acara dalam KOMPAS KAMPUS “Green Living and Youth Creativity” with Tupperware, bertempat di Baruga AP Pettarani Universitas Hasanuddin, Makassar. Berlangsung selama dua hari (21-22 Mei 2013), acara ini diorganisir oleh LDM Al Aqsa Universitas Hasanuddin. Asiknya, ternyata acara ini merupakan acara KOMPAS KAMPUS Green pertama yang di adakan di regional Indonesia Timur loh (selama ini hanya diadakan di regional Jawa dan Sumatera saja), dan Unhas jadi tuan rumah pertama tempat diadakannya acara ini (bangga dikit, hehe…:D).

Sayangnya, acara sekeren ini hanya dihadiri setengah dari peserta yang ditargetkan (hari kedua malah lebih sedikit lagi). Entah karena mahasiswa di Makassar kurang suka dengan acara seperti ini atau publikasinya yang kurang gencar (saya rasa karena faktor publikasi. Soalnya acara semisal ini yang pernah diadakan oleh berbagai sponsor sebelumnya selalu ramai). Meski begitu, acara talkshow kemarin tetap berlangsung seru sekali. Thanks to the hosts yang tetap gokil dan heboh memandu acara sampai akhir. Belum lagi Bang Tere yang piawai sekali membawakan materi sehingga jumlah peserta yang hanya 400an orang tidak terasa sedikit (baruga berkapasitas sekitar 2000 orang, jadi kebayang kan bagaimana sepinya gedung sebesar itu yang hanya diisi 400 orang).

kiri atas--kenampakan pelataran baruga (t4 berlangsung acara); kanan atas--hosts membawakan acara; kiri bawah--bang tere bawa'in materi (mukanya pas ketutup -__-); kanan bawah--slide penutup bang tere.

kiri atas–kenampakan pelataran baruga (t4 berlangsung acara); kanan atas–hosts membawakan acara; kiri bawah–bang tere bawa’in materi (mukanya pas ketutup -__-); kanan bawah–slide penutup bang tere.

Acara yang tak kalah menariknya ialah talkshow yang dibawakan oleh Kak Riri Riza, tentang kiat-kiat membuat film pendek. Dari segi pembawaan materi, menurutku Kak Riri ini sama jagonya dengan Bang Tere. Bahasanya asik, ringan, santai, namun pesan dan saran yang menjadi titik tekan itu tetap tersampaikan. Jadi, meski acaranya berkesan seperti obrolan ringan, banyak sekali ilmu yang didapat. Betul-betul rugi deh yang gak ikut kemarin tuh.

Selain itu, karena acara ini mengusung tema Green Living, banyak info-info selingan terkait kiat menerapkan hidup ramah lingkungan yang applicable banget. Di luar gedung juga tersedia stand gaya hidup sehat yang didekor menarik. Salah satunya tentu saja stand Go Green milik salah satu sponsor yang oke, kreatif, dan edukatif (jadi tempat narsis ria oleh peserta, termasuk saya dan Hart tentunya 😀 ). Sayang, untuk hari kedua saya dan Hart tidak ikut karena berbagai alasan.

tampilan salah satu booth yang jadi tempat narsis peserta

tampilan salah satu booth yang jadi tempat narsis peserta

bagian dalam booth green living--valley & forest area

bagian dalam booth green living–valley & forest area

Walah…bahasannya jadi kemana-mana (tak apalah, sekalian liputan :-D). Okeh, back to the topic, seperti yang saya sebutkan di awal, tantangan ini terinspirasi dari talkshow Bang Tere yang intinya tuh ngajak kita untuk rajin menulis. Disampaikan, menulis itu kegiatan positif yang banyak manfaatnya, terlebih jika kita bisa mempublikasikannya di blog. Alasannya, dengan rajin menulis, kemampuan verbal kita terasah (okeh kita emang gak ngomong, but at least kita akan banyak menggunakan kata-kata dalam tulisan kita kan?), bisa sebagai tempat curhat (yang penting gak merugikan orang lain dan tetap sopan), bisa melatih kreativitas kita (soalnya orang yang serius garap blognya pasti berusaha menghadirkan tulisan-tulisan kreatif, bermanfaat, dan menarik bagi pengunjungnya), dan tentu saja tempat berbagi informasi (no one can deny that).

Model tantangan ini sendiri terinspirasi dari tantangan yang entah siapa yang ngadakan lebih dulu (Hart lebih tahu, soalnya dia pernah ikut tantangan serupa ini sebelumnya). Bedanya, tantangan itu berupa tantangan menggambar selama 30 hari dengan tema tertentu yang telah ditetapkan setiap harinya. Saya dan Hart memutuskan untuk tidak menetapkan tema tertentu untuk tulisan tiap harinya agar lebih bebas berkreasi. Kami hanya menetapkan batas minimum tulisan yang diposting setidaknya satu paragraph berisi 4 kalimat tiap harinya. Sedikit? Tidak. Bagi bloger pemula pasti tahu betul kalau berusaha konsisten untuk menulis tiap hari itu termasuk pekerjaan yang berat. Butuh effort dan kemauan yang besar cuy. Jadi, supaya tidak memberatkan diri kami sendiri, diputuskanlah seperti itu. Idenya adalah membiasakan kami untuk terus mengisi blog kami tiap harinya.

So, buat teman-teman yang punya bakat ataupun kemauan menulis tapi belum juga menulis, ayo ikutan. Makin ramai makin asik bukan? Jangan ragu tinggalkan link teman-teman di kolom komentar supaya saya bisa ikut menikmati tulisan teman-teman. Selamat menulis 🙂

PS:

Tantangan ini murni inisiasi pribadi. Jika ternyata ada tantangan serupa yang pernah diadakan sebelumnya, hal tersebut hanya kebetulan semata tanpa maksud menjiplak karya sebelumnya.
Penyebutan merk tidak bermaksud melakukan promosi. Hanya bentuk terima kasih atas event bermanfaat yang mereka sponsori.

Advertisements

2 thoughts on “[ 1 ] the beginning : menulislah—30 days writing challenge

  1. Bismillah semoga bisa tiap hari posting 😀

    samaan ki kayaknya waktu postingta’, tadi pas saya selesai tulis di blog.. langsung kuliat postinganmu yang ini. hahaha

    • kah? hahaha…se kira qt duluan. soalnya bgtu sls ma posting, lgsg meluncur ma ke ‘rumah’ ta. mwka continue reading lgsg dag mau terbuka–kuota habis.
      iye, aamiin, semoga konsisten bs posting tiap hari 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s